Sunday 3 June 2012

KRK Pentakosta 2012

as i wrote below, i promise i'll write about KRK Pentakosta 2012 and here we start :) setiap tahun ketika kita merayakan Hari Raya Pentakosta, pasti BPK KAJ mengadakan acara KRK Pentakosta. KRK Pentakosta ku yang pertama adalah tahun 2009 karena ketika itu aku ikut menari menjadi Roh Kudus dalam drama musikalnya. dan semenjak itu setiap tahun aku mengikuti KRK Pentakosta berturut-turut :p

tahun ini KRK Pentakostanya bertema "Veni Sancto Spiritus" yang artinya "Datanglah ya, Roh Kudus". aku datang bersama brothers and sisters PDKK St. Hieronimus Atma Jaya. kami datang ber-23 orang. jumlah yang cukup banyak karena ada beberapa anak Hiero yang mengajak teman-temannya dan kami duduk bersama. rasanya menyenangkan karena kami bisa duduk bersama. hehehe.

KRK dimulai dengan lagu pembuka, sambutan, dan doa pembuka. kemudian dilanjutkan dengan drama musikal, Praise & Worship, dan firman. dan inilah yang kutunggu-tunggu. pembicaranya adalah Brother Arun Gogna dari Filipina. beliau adalah ketua dari komunitas LOJF (Light of Jesus Family) di Filipina. beliau membuka firman dengan cara yang unik menurutku. karena beliau naik ke panggung dengan membawa 3 buah bola pantai. ketika musik dimainkan, umat harus memukul bola tersebut dan ketika musik berhenti dimainkan, ketiga bola itu harus dipegang oleh 3 orang. dan ternyata ketiga orang tersebut mendapatkan masing-masing sebuah buku yang dikarang oleh Arun Gogna dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia.

lalu beliau pun mulai mewartakan firman. Roh Kudus tidak berjalan di jalan yang lurus. Ia berjalan di jalan yang tidak lurus dan menuntun kita di jalan yang tidak lurus tersebut. inilah yang dinamakan Principle of Obliquity. di dalam obliquity, ada suatu detour (perubahan arah). contohnya adalah dulu ketika Arun Gogna berumur 13 atau 15 tahun aku lupa, ia disuruh oleh ibunya untuk mengikuti Seminar Hidup Dalam Roh (SHDR). kalau ia tidak mau ikut, ia tidak akan mendapat uang jajan. dengan terpaksa ia ikut. ketika pertemuan pertama, ia diantar oleh ibunya untuk duduk di depan, tetapi ketika ibunya pergi, ia pindah ke baris kedua. lalu ada seorang WL yang mengajak umat untuk berdiri dan memuji memuliakan Allah dengan lagu "Alive, alive". tetapi ia tetap duduk. dan ketika melihat Arun Gogna tetap duduk, WL itupun bernyanyi di depannya, tetapi ia tetap duduk. kemudian ada seorang WL perempuan cantik yang memimpin pujian. saat itu juga, Arun Gogna adalah orang pertama yang berdiri :p

sejak saat itu, Arun Gogna bersemangat untuk mengikuti SHDR karena ada WL perpempuan cantik tersebut. tetapi pada pertemuan ke-14, WL perempuan itu tidak ada tetapi Arun Gogna tetap mengikuti SHDR tersebut. itulah detour. Arun Gogna dulunya mengenyam pendidikan jurusan teknik, tapi ketika lulus, ia mengajar agama. tidak ada hubungannya kan antara teknik menjadi guru agama? itulah detour.

contoh lain adalah Steve Jobs, penemu Apple. beliau menciptakan Apple ketika berumur 21 tahun tetapi beberapa tahun kemudian, beliau dipecat oleh perusahaannya. setelah beberapa lama, beliau direkrut kembali oleh perusahaannya dan Apple menjadi produk yang mendunia saat ini. kemudian ada juga Kolonel Sanders. dulu beliau mempunyai restoran ayam yang cukup laris. tetapi kemudian pemerintah membangun jalan tol dan jalan tol tersebut dibangun menjauhi restorannya. dan restorannya pun menjadi bangkrut. kemudian beliau pergi menawarkan resep ayamnya ke restoran-restoran dan hanya meminta sedikit royalti tetapi beliau ditolak sebanyak 10.009 kali. baru ke-10.010 kali, ada sebuah restoran yang mau mencoba dengan resep ayamnya. sampai sekarang KFC adalah sebuah restoran yang sukses di berbagai negara. itulah detour :)

ada juga seorang bernama Alfonsus Ligouri yang bekerja menjadi pengacara. beliau selalu menang dalam setiap kasusnya hingga suatu saat ia kalah dalam suatu kasus karena lupa atau salah membaca dokumen. saat itu ia depresi sehingga ia mengikuti misa setiap hari. tetapi ia kemudian bangkit dan bergabung dengan seminari dan menjadi imam. beliau adalah Santo Alfonsus Ligouri. itulah detour :)

apa yang dapat kita petik dari contoh-contoh tersebut? semua mimpi yang kecil harus mati agar mimpi yang lebih besar dapat datang. a small dream should die so a big dream would come :) kita harus memiliki mimpi yang besar karena Tuhan mencintai kita dan akan menuntun kita ke mimpi besar tersebut. tapi apa yang harus kita lakukan dalam suatu detour (perubahan arah)? 

ada 2 hal yang harus kita lakukan dalam suatu detour. yang pertama adalah : remain faithful. ketika terjadi detour dalam hidup kita, kita tidak boleh menyerah. kita harus tetap setia bahwa Tuhan punya rencana yang indah untuk kita. Tuhan punya mimpi yang besar untuk kita karena Ia mencintai kita. 
"You intended to harm me, but God intended it for good." -Genesis 50:20-
lihatlah ayat di atas. ketika semua orang bermaksud untuk menghancurkan kita, tapi Tuhan memaksudkannya untuk kebaikan. how sweet it is :') dan lihatlah bahwa ada sebuah koma di ayat tersebut. itu hanyalah sebuah koma, bukan sebuah titik. berarti ketika semua orang bermaksud untuk menghancurkan kita, hal itu belum berakhir. karena Tuhan punya rencana dan mimpi yang besar untuk kita. yang harus kita lakukan adalah tetap setia.

hal yang kedua adalah remain open. kita harus terbuka terhadap peluang yang datang. tetapi tidak semua orang melihat peluang yang datang. mengapa? karena peluang datang dengan tanggung jawab. kalau kita ingin punya mobil baru, kita harus merawat mobil itu. kalau kita ingin melayani di komunitas yang lebih besar, ada tanggung jawab yang lebih besar juga.
"Opportunities come with responsibilities"
tetapi kita tidak perlu takut ketika terjadi detour dalam hidup kita. Tuhan tidak menuntun kita, tetapi Tuhan selalu berjalan bersama kita. dan firmanpun ditutup dengan lagu ini :

God will make a way
Where there seems to be no way
He works in ways we cannot see
He will make a way for me

He will be my guide
Hold me closely to His side
With love and strength for each new day
He will make a way, He will make a way

Oh, God will make a way
Where there seems to be no way
He works in ways we cannot see
He will make a way for me

He will be my guide
Hold me closely to His side
With love and strength for each new day
He will make a way, He will make a way


lagu ini dinyanyikan dengan memberi pelukan dengan orang di sebelah kita yang mungkin adalah sahabat atau teman. dan si gendud yang di sebelahku pun langsung merangkulku dan aku juga merangkulnya :') kami saling berangkulan sambil memberi semangat satu sama lain bahwa everything will be oke. kemudian KRK dilanjutkan dengan altar call, celebration, dan berkat :) dan tak lupa anak-anak Hiero pun foto bersama :D

atas : bayu, gendud, marcel, njul, rizki ; bawah : petti, aku, fika, chella, jojo
 



No comments: